Polres Purbalingga – Polres Purbalingga menghadirkan Unit Penjinak Bom (Jibom) Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng untuk melaksanakan sterilisasi terhadap sejumlah gereja di Kabupaten Purbalingga, Jumat (24/12/2021). Sterilisasi dilakukan sebagai salah satu tahapan pengamanan Operasi Lilin Candi 2021.

Tim Jibom yang berjumlah sepuluh orang melakukan sterilisasi di tiga gereja besar. Masing-masing Gereja Santo Agustinus, Gereja Kristen Jawa (GKJ) dan Gereja Kristen Indonesia (GKI).

Kabag Operasi Polres Purbalingga AKP Totok Nuryanto mengatakan kami melaksanakan kegiatan sterilisasi gereja yang dilakukan langsung oleh tim dari Brimob Polda Jateng. Tujuannya memastikan situasi aman di gereja sebelum digunakan untuk kegiatan ibadah Natal.

“Harapannya para jemaat di gereja bisa merasakan kemananan dan kenyamanan saat melaksanakan kegiatan ibadah dalam rangka Natal,” jelasnya.

Dijelaskan bahwa tim sterilisasi dari Brimob melakukan penyisiran di tiga gereja besar yaitu Gereja Santo Agustinus, Gereja Kristen Jawa dan Gereja Kristen Indonesia. Selain itu, dilakukan juga sterilisasi di seluruh gereja lainnya oleh Satsamapta Polres Purbalingga.

“Selain tiga gereja besar sterilisasi juga dilaksanakan di seluruh gereja di Kabupaten Purbalingga melibatkan personel Satsamapta dengan anjing pelacak,” jelasnya.

Dari pantauan kegiatan setelah gereja dipastikan steril dari benda-benda berbahaya kemudian dilakukan penandatanganan berita acara. Selanjutnya kondisi steril gereja diserahterimakan dari tim sterilisasi kepada petugas pengamanan di masing-masing gereja.

(Humas Polres Purbalingga)