Waspada Bencana Alam, Polisi Polres Purbalingga Berlatih SAR

 Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personel terhadap potensi bencana alam, Satsabhara Polres Purbalingga menggelar latihan Search And Rescue (SAR). Kegiatan dilaksanakan di Sungai Klawing wilayah Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jumat (21/2/2020).

Dalam kegiatan tersebut, para personel terlebih dahulu diberikan teori dasar tentang SAR Air dan teknik menggunakan perahu karet bermesin maupun tanpa mesin. Selanjutnya melaksanakan praktek penyelematan korban banjir dan memberikan pertolongan pertama pada korban gawat darurat.

Wakapolres PurbaIingga Kompol Widodo Ponco Susanto mengatakan bahwa latihan ini digelar dalam rangka menyiapkan personel menghadapi potensi bencana alam yang mungkin terjadi. Karena di wilayah Kabupaten Purbalingga sejumlah wilayah rawan bencana alam baik longsor, angin puting beliung maupun banjir.

“Walaupun kita tidak meminta terjadinya bencana alam, namun kita harus siap apabila hal tersebut terjadi. Sehingga latihan ini diperlukan untuk menghadapi kontijensi misalkan terjadi bencana alam. Kita siapkan personel maupun peralatan pendukung yang ada,” kata Wakapolres.

Ditambahkan Wakapolres, pelatihan SAR yang dilakukan Satsabhara tidak hanya dilaksanakan kali ini saja, namun sudah dilaksanakan secara rutin. Selain SAR air, kita juga latihkan SAR darat dengan simulasi penanganan korban bencana angin puting beliung. Bagaimana cara menolong korban maupun mengevakuasi pohon tumbang.

“Dengan pelatihan SAR yang dilakukan diharapkan bisa menambah kemampuan personel. Sehingga selalu siap apabila dibutuhkan dan paham apa yang harus diperbuat apabila terjadi bencana alam,” ucapnya.

Wakapolres menambahkan, terkait kesiapsiagaan personel dalam menghadapi bencana alam kita juga standbykan anggota yang setiap saat bisa digerakkan. Apabila ada kejadian bencana alam anggota tersebut siap diterjunkan untuk memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan.

“Selain itu, kita juga berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD dalam latihan maupun saat ada kejadian bencana alam. Hal tersebut untuk bisa memberikan penanganan secara maksimal apabila terjadi bencana alam,” pungkasnya.

(Humas Polres Purbalingga)