Satlantas Polres Purbalingga Kenalkan Ular Tangga Lalu Lintas

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga mengenalkan inovasi baru dalam rangka memberikan edukasi tertib lalu lintas. Inovasi bernama Ular Tangga Lalu Lintas dikenalkan kepada masyarakat dalam acara car free day di jalan lingkar Alun-alun Purbalingga, Minggu (16/2/2020).

Ular Tangga Lalu Lintas adalah permainan ular tangga yang berisi berbagai pemahaman tentang lalu lintas. Permainan tersebut digelar di lantai dengan ukuran besar dan bisa dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa. Saat gelaran car free day permainan tersebut nampak menyedot masyarakat untuk melihatnya.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Indri Endrowati, menjelaskan permainan ini dibuat sebagai sarana edukasi peraturan lalu lintas. Ular Tangga Lalu Lintas sama halnya dengan permainan ular tangga biasa. Namun isi dalam kolom-kolom berisi edukasi dengan nilai-nilai yang ada dalam aturan lalu lintas.

“Jika mendapat kolom tertib berlalu lintas maka akan pemain bisa memperoleh penghargaan dengan naik tangga. Namun jika mendapat kolom melanggar maka akan turun ke angka yang lebih kecil,” jelasnya.

Ditambahkan Kasat Lantas, edukasi tertib lalu lintas dengan permainan ular tangga ini diharapkan lebih dimengerti oleh anak-anak maupun orang dewasa yang memainkannya. Selain itu, bisa sebagai sarana komunikasi antara polisi dengan anak sehingga menghilangkan stigma anak takut dengan polisi.

“Rencananya kita akan gelar Ular Tangga Lalu Lintas pada setiap kegiatan car free day di Purbalingga. Selain itu, kita akan sosialisasi di sekolah-sekolah. Sehingga lebih banyak masyarakat yang belajar tertib lalu lintas melalui permainan ini,” jelasnya.

(Humas Polres Purbalingga)