Satlantas Polres Purbalingga Beri Pelatihan PKS Siswa Madrasah

 Polisi dari Satlantas Polres Purbalingga memberikan materi pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) terhadap siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga, Minggu (2/2/2020).

Materi disampaikan oleh personel dari Unit Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga. Sedangkan pelatihan diikuti oleh 49 siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merangkap sebagai petugas PKS.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Indri Endrowati melalui Kanit Dikyasa Iptu Wagimin mengatakan bahwa pelatihan PKS diberikan atas permintaan dari pihak sekolah. Materi disampaikan dalam acara diklat ekstrakurikuler Paskibra.

“Dalam pelatihan kita berikan materi dengan dua metode. Yang pertama materi tertulis di dalam kelas kemudian dilanjutkan dengan materi praktek di lapangan,” jelasnya.

Ditambahkan Wagimin, dalam materi tertulis disampaikan tentang materi dasar Patroli Keamanan Sekolah. Selain itu, disampaikan tentang peraturan lalu lintas, etika berlalu lintas serta pemahaman tata berkendara yang baik dan berkeselamatan.

“Dalam materi praktek diberikan tentang peraturan baris berbaris dan latihan pengaturan lalu lintas. Saat praktek pengaturan dilaksanakan langsung di jalan raya depan sekolah sehingga siswa paham dan bisa menerapkan saat bertugas,” ucapnya.

Wagimin berharap dengan materi yang sudah diberikan diharapkan dapat menambah kemampuan siswa khususnya bagi peserta ekstrakurikuler Paskibra. Sehingga mereka bisa menerapkan kemampuan yang didapat untuk kegiatan Patroli Keamanan Sekolah (PKS). “Selain itu, bisa memberikan pengetahuan yang telah didapat kepada siswa lain,” pungkasnya.

(Humas Polres Purbalingga)