Polres Purbalingga Gelar Pemeriksaan Senjata Api

Polres Purbalingga menggelar pemeriksaan senjata api di halaman mapolres, Rabu (29/72020). Pemeriksaan dipimpin langsung oleh Kabag Sumda Kompol Sugianto didampingi Kasubbag Sarpras AKP Siti Nurjanah.

Kabag Sumda Kompol Sugianto mengatakan bahwa pemeriksaan senjata api dilaksanakan rutin enam bulan sekali. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mengecek kondisi senjata api dan kelengkapannya.

“Pengecekan meliputi kebersihan dan keadaan secara fisik senjata. Apabila terdapat senjata api yang rusak maka segera diperbaiki sehingga siap saat digunakan,” jelasnya.

Disampaikan Sugianto, bahwa pada pelaksanaan kali ini dilakukan pengecekan kelengkapan dan kebersihan senjata inventaris polsek. Ada 16 polsek yang hari ini dilakukan pemeriksaan kelengkapan dan kebersihan senjata api dinas.

Dari hasil pemeriksaan, menurut Sugianto jumlah senjata api maupun kelengkapannya dinyatakan lengkap sesuai dengan data. Sedangkan kebersihan senjata sebagian ditemukan dalam kondisi kotor.

“Untuk senjata api yang ditemukan kotor kita langsung perintahkan untuk dibersihkan,” jelasnya.

Menurut Sugianto, dengan pemeriksaan rutin senjata api diharapkan kebersihan dan kelengkapan tetap terjaga. Sehingga bisa maksimal digunakan dlaam mendukung pelaksanaan tugas kepolisian.

(Humas Polres Purbalingga)