Polres Purbalingga Berhasil Ungkap Dua Kasus Pencurian

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purbalingga – Polres Purbalingga berhasil mengungkap dua kasus tindak pidana pencurian yang terjadi di dua lokasi berbeda. Hal tersebut terlihat dalam konferensi pers yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Herman Setiono, di Mapolres Purbalingga, Kamis (11/7/2019) siang.

Dalam konferensi pers, Kabag Ops menyampaikan bahwa kasus pertama yang berhasil diungkap yaitu kasus pencurian yang terjadi di rumah Tumini warga Desa/Kecamatan Kemangkon. Korban bernama Risman, kehilangan satu unit telepon genggam.

Tersangka yang berhasil diamankan yaitu RSN (23) warga Desa/Kecamatan Kemangkon yang masih tetangga korban. Tersangka berhasil diamankan berikut barang bukti satu unit telepon genggam merk Xiaomi Resmi 6A.

Disampaikan Kabag Ops, pengungkapan kasus bermula saat adanya laporan dari korban yang kehilangan telepon genggamnya. Dalam penyelidikan, anggota mendapat informasi ada orang hendak menjual telepon genggam dengan ciri-ciri seperti milik korban di wilayah Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara.

“Unit Reskrim Polsek Kemangkon kemudian berkoordinasi dengan Polsek Purwareja Klampok untuk membantu mengamankan orang tersebut. Setelah diamankan dan dilakukan pengecekan diketahui bahwa orang tersebut benar sebagai pelaku pencurian di wilayah Kemangkon,” kata Kabagops.

Kasus kedua yang berhasil diungkap adalah pencurian yang terjadi di Desa Karangsari, Kecamatan Karangmoncol. Korban pencurian yaitu Kurnia Pujaningtyas (23) warga Desa Karangsari Kecamatan Karangmoncol

Pelaku yang berhasil diamankan yaitu SWN (23) warga Desa Karangsari Kecamatan Karangmoncol. Ia merupakan residivis kasus pencurian dan sudah dua kali masuk penjara.

“Pelaku diamankan setelah kepergok penghuni rumah saat mencuri. Walaupun sempat kabur namun pelaku berhasil diamankan anggota Polsek Karangmoncol bersama warga di kebun tidak jauh dari lokasi pencurian,” jelas Kabag Ops.

Dari tangan pelaku, diamankan barang bukti berupa satu telepon genggam merk Oppo A37, satu telepon genggam merk Lenovo, tas kecil warna hitam, kartu ATM dan sejumlah uang tunai.

Kedua pelaku kini mendekam di tahanan Polres Purbalingga untuk mempertangungjawabkan perbuatan mereka. Keduanya dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

(Humas Polres Purbalingga)