Polisi Polsek Mrebet Beri Penyuluhan tentang Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Polisi dari Polsek Mrebet Polres Purbalingga Aiptu Endang memberikan penyuluhan tentang Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap warga di Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Sabtu (11/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Aiptu Endang menjelaskan tentang pengertian kekerasan dalam rumah tangga dan faktor penyebabnya. Kemudian disampaikan jenis-jenis KDRT dan ancaman hukuman bagi pelakunya. Selain itu, dijelaskan cara pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Kapolsek Mrebet Iptu Edi Surono menjelaskan bahwa Polsek Mrebet menerjunkan Polwan untuk memberikan materi pembinaan tentang KDRT. Hal itu sesuai dengan permintaan dari pihak pemerintahan desa untuk mengisi acara Pelatihan Kesadaran Hukum.

“Materi Pencegahan KDRT disampaikan terhadap masyarakat dengan tujuan menambah pengetahuan terkait KDRT. Dengan demikian masyarakat bisa mencegah atau menghindari perilaku tersebut,” katanya.

Kepala Desa Binangun, Maksum mengatakan bahwa pihaknya menyelenggarakan Pelatihan Kesadaran Hukum bagi warga. Dalam kegiatan kita bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk memberikan materi sepert dari kepolisian yang dilaksanakan hari ini.

“Tujuannya memberikan pengetahuan tentang hukum sehingga mereka bisa menghindari perilaku melanggar hukum. Selain itu, bisa memberikan informasi kepada warga lain di lingkungan tempat tinggalnya,” ucapnya.

(Humas Polres Purbalingga)