Polisi Polsek Kutasari Evakuasi Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang

Anggota Polsek Kutasari Polres Purbalingga mengevakuasi pohon tumbang yang menutup jalan penghubung Desa Kutasari dengan Desa Karangaren. Pohon tumbang menutup jalan ada di Desa Karangreja Kutasari, Minggu (17/11/2019) sore.


Dibantu warga, anggota Polsek Kutasari memotong batang pohon yang menghalangi jalan menggunakan gergaji mesin dan parang. Selanjutnya menyingkirkan pohon yang telah dipotong keluar dari jalan raya. Setelah berhasil dievakuasi, pengguna jalan dapat melintas kembali dengan lancar.
Kapolsek Kutasari Kompol Bambang Sidik sanyata mengatakan bahwa akibat hujan deras disertai angin kencang, sejumlah pohon di wilayah Kecamatan Kutasari tumbang. Salah satunya pohon tumbang yang menutup jalan di Desa Karangreja.


“Anggota Polsek Kutasari yang mendatangi lokasi kejadian kemudian bersama warga mengevakuasi pohon tumbang yang menutup jalan. Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu arus lalu lintas,” jelas kapolsek.


Kapolsek menambahkan selain pohon tumbang menutup jalan, ada juga pohon tumbang menimpa rumah di Dukuh Bandingan Desa Meri, Kutasari. Pohon rambutan tumbang menimpa rumah milik Winarji (55), yang merupakan warga RT 1 RW 1 Desa Meri.


Tidak hanya pohon tumbang, akibat angin kencang sejumlah rumah mengalami kerusakan mulai dari atap terbawa angin dan bangunan rumah yang hampir roboh. Seperti yang terjadi di Desa Sumingkir, Kutasari. Korban kerusakan rumah yaitu Kamso (36), warga RT 9 RW 5 di desa tersebut.
“Tidak ada korban jiwa akibat hujan deras disertai angin yang melanda wilayah Kecamatan Kutasari. Namun akibat kejadian tersebut sejumlah warga mengalami kerugian material berupa rumah yang rusak,” kata kapolsek.


Kapolsek menghimbau agar warga lebih berhati-hati dalam mengantisipasi datangnya kejadian serupa. Mengingat saat ini mulai masuk musim penghujan dan disertai angin kencang. Di sejumlah desa wilayah Kecamatan Kutasari merupakan daerah yang sering terjadi bencana angin kencang.

(Humas Polres Purbalingga)