Polisi Polsek Bojongsari Ikut Kerja Bakti Bedah Rumah Tidak Layak Huni di Desa Banjaran

Polisi dari Polsek Bojongsari Polres Purbalingga mengikuti kerja bakti bedah rumah tidak layak huni di Desa Banjaran, Selasa (17/11/2020). Bedah rumah dilakukan terhadap rumah milik Ratinem (80) atas prakarsa dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Purbalingga.

Kapolsek Bojongsari, AKP Imam Hidayat mengatakan adanya kegiatan bedah rumah tidak layak huni di Desa Banjaran, pihaknya menerjunkan personel untuk mengikuti. Personel kita terjunkan membantu pihak BAZNAS agar mempercepat proses bedah rumah.

“Kami libatkan personel Polsek Bojongsari untuk ikut kerja bakti membantu bedah rumah tidak layak huni dengan harapan prosesnya cepat selesai namun tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata kapolsek.

Kapolsek menambahkan bahwa rumah yang dibedah tersebut terbuat dari kayu dan bambu serta dinding anyaman bambu. Rumah tersebut berukuran 5 X 3 meter dengan kondisi tidak layak huni.

Rahmat Basuki, selaku kepala pelaksana lapangan BAZNAS Kabupaten Purbalingga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survei bersama pemerintah desa dan instansi terkait rumah milik Ratinem dikategorikan tidak layak huni. Oleh karenanya pihaknya memberikan bantuan untuk membantu rehab rumah tidak layak huni tersebut.

“Kami mengemban amanah dari para muzaki atau orang yang menyetor zakat untuk disalurkan kepada mustahik yaitu orang yang berhak menerima. Salah satunya ibu Ratinem,” kata Rahmat Basuki.

Kades Banjaran Ichmun menyampaikan bahwa pihak pemerintahan desa sudah berupaya untuk mengajukan bantuan, namun karena terkendala aturan yaitu rumah yang dihuni ibu Ratinem bukan di atas tanah miliknya sehingga tidak termasuk dalam program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pemerintah daerah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak mulai dari BAZNAS Kabupaten Purbalingga dan seluruh pihak yang telah ikut membantu kerja bakti menyelesaikan kegiatan bedah rumah, semoga bermanfaat terutama ibu Ratinem selaku penerima bantuan,” ucap Ichmun.