Polisi di Pengadegan Ikut Kerja Bakti Bersihkan Tanah Longsor

Polisi dari Polsek Pengadegan Polres Purbalingga ikut serta dalam kegiatan kerja bakti membersihkan tanah longsor di Desa Pengadegan, Rabu (13/1/2021). Kerja bakti dilaksanakan bersama warga desa setempat dan sejumlah relawan.

Kapolsek Pengadegan AKP Susilo mengatakan bahwa hari ini dilakukan kerja bakti membersihkan longsoran tanah di Desa Pengadegan. Adanya kegiatan tersebut kita libatkan personel untuk mengikuti kerja bakti.

“Terlibatnya anggota dalam kerja bakti merupakan wujud kepedulian sosial. Sebagai pelayan masyarakat, kami harus selalu aktif dan hadir dalam setiap kegiatan masyarakat,” ucapnya.

Kapolsek menjelaskan bahwa kerja bakti dilakukan mulai dari mengevakuasi rumpun bambu yang roboh dan menyumbat aliran air. Selain itu, membersihkan material tanah yang longsor dan menutup sungai.

“Dengan kerja bakti yang dilakukan evakuasi longsoran bisa cepat dilakukan. Dengan kecepatan penanganan maka mencegah timbulnya efek bencana yang lebih buruk,” ucapnya.

Diinformasikan bahwa telah terjadi tanah longsor di Dusun Karangtengah, Desa/Kecamatan Pengadegan, Selasa (12/1/2021) malam. Penyebabnya akibat hujan deras yang mengguyur lokasi sejak sore hingga malam.

Akibat tanah longsor menutup saluran Sungai Migit sehingga air meluap ke pemukiman warga. Satu rumah yang lokasinya berdekatan dengan sungai menjadi lokasi terdampak paling parah. Air merendam dapur rumah setinggi kurang lebih 20 centimeter. Namun demikian tanah longsor tidak menimbulkan korban jiwa.