Police Watch Pantau Standar Pelayanan Publik di Polres Purbalingga

Tribratanewspurbalingga – Lembaga Pemantau Polisi (Police Watch) melakukan pemantauan standarisasi pelayanan publik di Polres Purbalingga, Rabu (20/2/2019). Kegiatan dimulai dengan pemberiaan arahan di Aula Polres Purbalingga dilanjutkan pengecekan secara langsung lokasi pelayanan publik Polres Purbalingga.

Pada kesempatan itu, Lembaga Pemantau Polisi mengecek sarana, prasarana dan cara melayani masyarakat di ruang SPKT, SKCK, Samsat dan pembuatan SIM. Hadir pula perwakilan dari tokoh pemuda, tokoh masyarakat, mahasiswa, wartawan, serta pejabat polres dan kapolsek jajaran.

Wakapolres Purbalingga Kompol Sigit Martanto, mengatakan, pihaknya terus berusaha untuk meningkatkan standarisasi pelayanan publik agar pelayanan Polri itu betul-betul bermanfaat. Selain itu, agar tidak ada komplain dari masyarakat terkait pelayanan tersebut.

Wakapolres berharap, dengan adanya pemantauan dari pihak luar, pihaknya bisa bekerja sesuai dengan aturan. Sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan masyarakat merasa puas dengan pelayanan Polri.

“Sejumlah fasilitas di tempat pelayanan sudah kami sediakan, seperti ruang laktasi, tempat bermain anak, pojok baca, fasilitas untuk difabel dan lainnya. Hal itu sebagai wujud memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ridwan Abdul Wahab ketua tim Lembaga Pemantau Polisi menyampaikan pelayanan kepada masyarakat secara humanis oleh aparat Polres Purbalingga, saat ini sudah baik. Namun demikian, pelayanan seperti itu diminta untuk lebih ditingkatkan sehingga masyarakat bisa lebih dekat dengan polisi.

Menurutnya, kesiapan-kesiapan dan fasilitas yang disediakan oleh Polres Purbalingga sudah mencukupi. “Hanya peningkatan kecil seperti salam sapa dan senyum. Sisi humanisnya lebih ditingkatkan dengan cara yang ramah. Jadi masyarakat bisa dilayani dengan senang,” katanya.

Lebih lanjut, dia merekomendasikan agar ada sedikit pembenahan dari struktur organisasi polres. Antara lain penambahan personel perwira di lapangan untuk job tertentu. Sehingga kegiatan di lapangan bisa lebih sinkron dalam mendampingi para polisi muda.