Kapolsubsektor Karangjambu Polsek Karangreja Ajak Orang Tua Awasi Aktivitas Anaknya

Kapolsubsektor Karangjambu Polsek Karangreja Ipda Tohirin menghadiri Sosialisasi/Penyuluhan Audit Maternal Parinatal (AMP) Kesehatan Ibu Hamil di Balai Desa Danasari Kecamatan Karangjambu Purbalingga, Rabu (5/2/2020). Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan beberapa arahan kepada peserta pertemuan.

Di hadapan peserta kegiatan, Tohirin menjelaskan bahwa anak adalah generasi penerus perjuangan bangsa dan menjadi harapan serta kebanggaan keluarga. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan sebaik mungkin dengan memberikan pendidikan yang bermutu, memadai dan terarah menuju kegiatan positif.

Lebih lanjut disampaikan, orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap tumbuh kembang anaknya sedini mungkin. Bagi anak yang menginjak remaja, pengawasan harus dilakukan untuk mencegah terjerumus ke arah perilaku negatif atau menyimpang bahkan hingga terlibat tindak pidana.

“Selain orang tua diperlukan juga peran serta semua pihak untuk melakukan pengawasan mulai dari guru di sekolah dan masyarakat di lingkungan untuk mencegah mereka melakukan tindakan negatif,” kata Tohirin.

Terakhir kapolsubsektor menyampaikan tentang kenakalan remaja. Ada sejumlah perilaku yang masuk kategori kenakalan remaja. Orang tua harus tanggap dalam pengawasan anaknya. Apabila melanggar aturan segera berikan teguran agar tidak berkembang menjadi pelanggaran hukum.

Kepala Desa Danasari Slamet Maruf Fadilah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas arahan dan pesan-pesan yang diberikan oleh pihak kepolisian. Menurutnya hal yang disampaikan sangat tepat karena peran orang tua sangat penting untuk mencegah perilaku menyimpang anaknya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Puskesmas Karangjambu dr. Rina Anggraeni beserta staf, Babinsa Danasari, Kades Danasari beserta perangkat desanya, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda serta para ibu hamil.

(Humas Polres Purbalingga)