Kapolsek Kutasari Purbalingga Luncurkan Program BAPAK

Polsek Kutasari Polres Purbalingga meluncurkan program bernama BAPAK yang merupakan akronim dari Bantuan Anggota Polri Amankan Kutasari. Program tersebut dicetuskan oleh Kapolsek Kutasari AKP Agus Amnjat dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Program BAPAK sebenarnya merupakan kegiatan kepolisian yang sudah rutin dilaksanakan. Hanya saja dalam program ini, kegiatan-kegiatanbtersebut diklasifikasikan atau digolongkan dalam beberapa jenis,” kata Kapolsek Kutasari AKP Agus Amjat Purnomo saat dikonfirmasi, Senin (2/12/2019).

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kapolsek Kutasari bahwa dalam program BAPAK dibagi menjadi lima kegiatan. Yang pertama adalah BAPAKa yang dijabarkan sebagai Bantuan Anggota Polri Amankan Area Wisata. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu patroli tempat wisata, pengawasan parkir tempat wisata dan pengaturan lalu lintas di jalan raya depan lokasi objek wisata saat ditemukan kepadatan arus.

“Program pertama ini kita memberikan jaminan keamanan di objek wisata yang ada di wilayah Kecamatan Kutasari. Sehingga masyarakat maupun pelaku wisata di wilayah Kutasari merasa aman dengan kehadiran polisi,” jelasnya.

Kegiatan kedua yaitu BAPAKi yang dijabarkan sebagai Bantuan Anggota Polri Amankan Kegiatan Ibadah. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu memakmurkan masjid dengan ikut menjadi imam dan khotib di masjid-masjid wilayah Kecamatan Kutasari. Selain itu, pengamanan rumah ibadah dan kegiatan ibadah keagamaan serta penyuluhan antiradikalisme.

“Untuk program pengamanan ibadah seluruh kegiatan keagamaan dari berbagai agama yang ada kita lakukan pengamanan. Selain itu kita ikut terjun mengikuti ibadah agama baik menjadi imam atau khotib sekaligus memberi pesan keamanan melakui pendekatan agama,” jelasnya.

Kegiatan selanjutnya dinamakan BAPAKu yang dijabarkan sebagai Bimbingan Anggota Polri untuk Anak Kutasari. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu kunjungan ke sekolah-sekolah, menjadi pembina upacara, pembina Pramuka maupun kegiatan pembinaan dan penyuluhan lainnya dengan sasaran siswa dari tingkat SD sampai SMA.

“Para siswa sekolah menjadi prioritas dalam kegiatan ini, kita memberikan pesan kamtibmas kepada siswa sesuai dengan tingkatannya. Harapannya sejumlah materi penting bisa diketahui siswa melalui pembinaan dan penyuluhan yang kita sampaikan,” ucapnya.

Ditambahkan kapolsek, kegiatan selanjutnya disebut BAPAKe yaitu Bantuan Anggota Polri Amankan Kewilayahan. Artinya Polisi di Polsek Kutasari siap mengamankan wilayah dengan berbagai kegiatan kepolisian. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pengaturan arus lalu lintas di pagi hari, patroli rutin, sambang desa, kegiatan kepolisian yang ditingkatkan, pengamanan kegiatan masyarakat dan pemantauan daerah rawan bencana alam.

Kegiatan terakhir dari progam tersebut yaitu BAPAKo yaitu Bimbingan Anggota Polri Amankan Kegiatan Ormas. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembinaan ormas, penyuluhan Kamtibmas terhadap ormas dan pengamanan kegiatan yang diselenggarakan ormas.

“Semua kegiatan dalam program BAPAK tersebut, selain dilaksanakan juga didokumentasikan. Sehingga bisa dilihat di papan kegiatan dan dipublikasikan melalui media sosial milik Polsek Kutasari. Hal tersebut sebagai salah satu cara agar warga masyarakat dapat mengetahui dan merasakan manfaat dari program yang dicanangkan,” kata kapolsek.

Kapolsek menambahkan, program ini akan kita laksanakan rutin dengan sasaran warga masyarakat dan seluruh wilayah Kutasari. Hal ini penting agar kegiatan kepolisian yang dilaksanakan oleh anggota dapat terarah dan terprogram. Harapannya kehadiran polisi bisa menciptakan rasa aman dan nyaman di wilayah Kecamatan Kutasari.

(Humas Polres Purbalingga)