Kapolsek Kutasari Ajak Siswa Bijak Bermedsos

Kapolsek Kutasari Polres Purbalingga AKP Agus Amjat Purnomo, S.H., M.M. mengajak sejumlah siswa SMP untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Hal tersebut disampaikan saat Kapolsek memberikan pembinaan di SMP Negeri 4 Kutasari, Jumat (14/2/2020).

Dalam kegiatan tersebut, kapolsek memberikan pemahaman tentang fungsi media sosial.  Selain itu memberikan pemahaman kepada siswa agar menggunakan media sosial dengan baik dan benar.

“Media sosial di satu sisi mempunyai manfaat antara lain untuk mudah dalam berkomunikasi, namun apabila tidak digunakan dengan baik mempunyai banyak efek negatif,” kata kapolsek.

Kapolsek menjelaskan fungsi positif media sosial adalah sebagai alat komunikasi. Disampaikan juga eberapa efek negatif media sosial antara lain kecanduan sehingga melupakan kewajiban sebagai pelajar, ikut menyebar berita hoax serta pornografi dan bisa juga digunakan sebagai alat melakukan kejahatan.

“Siswa harus bisa menggunakan media sosial sesuai dengan peruntukannya. Jangan mudah menyebarkan informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Selain itu, tidak mudah percaya dengan bujukan dari orang yang belum dikenal melalui media sosial,” ucap kapolsek.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 4 Kutasari, Endang Kismaryani, S.Pd. mengapresiasi dengan adanya pembinaan dari Kapolsek terhadap 65 muridnya tersebut. Diharapkan siswanya bisa mengetahui bahwa media sosial yang dimilikinya mempunyai efek positif dan efek negatif. Selain itu, hadirnya anggota polisi juga bisa memberikan penjelasan tentang pentingnya bijak bermedsos bagi para siswa.

“Pembinaan yang disampaikan oleh Kapolsek sangat relevan dengan perkembangan situasi saat ini, harapannya siswa di sekolah kami bisa bijak dalam menggunakan media sosial yang mereka miliki,” capnya.
(Humas Polres Purbalingga)