Kapolsek Karanganyar Ajak Siswa SMP Bijak Gunakan Medsos

Kapolsek Karanganyar AKP Aan Hariyawan mengajak siswa SMP Negeri 2 Kertanegara agar bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Hal itu disampaikan kapolsek saat menjadi pembina upacara di sekolahan tersebut, Senin (3/2/2020).

Kapolsek menjelaskan kepada siswa bahwa berkembangnya komunikasi melalui media sosial harus di imbangi dengan pengelolaan yang baik. Jangan sampai penggunaan medsos disalahgunakan untuk kepentingan yang negatif yang berakibat hukum.

“Saat ini di media sosial banyak beredar berita bohong, tulisan serta gambar yang bersifat provokasi, isu sara dan adu domba yang dapat memecah belah persatuan. Hendaknya siswa bisa menyaring informasi tersebut,” ucapnya.

Dijelaskan bahwa fungsi utama media sosial adalah untuk berkomunikasi. Jangan sampai komunikasi di media sosial menimbulkan permusuhan. Apalagi sampai menyebarkan informasi yang belum diketahui pasti kebenaranya.

Kepala SMP Negeri 2 Kertanegara Sutarman menyampaikan bahwa materi yanh disampaikan kapolsek menurutnya sangat tepat. Dimana maraknya media sosial apabila tidak diimbangi pengelolaan yang baik bisa menimbulkan permasalahan.

“Khususnya bagi siswa diperlukan pemahaman tentang fungsi media sosial sehingga dapat mengontrol setiap penggunaannya. Hal itu penting untuk mencegah dampak negatif media sosial bagi siswa,” ucapnya.

(Humas Polres Purbalingga)