Jadi Pembina Upacara, Kapolres Purbalingga Ajak Siswa Tertib Lalu Lintas

 Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi M, SIK, MH mengajak siswa untuk tertib lalu lintas untuk mencegah kecelakaan. Hal tersebut disampaikan Kapolres Purbalingga saat menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Purbalingga, Senin (27/1/2020) pagi.

Dalam amanatnya di hadapan ratusan siswa, Kapolres Purbalingga menyampaikan bahwa keselamatan berlalu lintas sudah menjadi isu global. WHO mencatat setiap tahunnya kecelakaan lalu lintas telah menyebabkan rata-rata 1,24 juta jiwa meninggal serta 50 juta mengalami luka-luka dan cacat seumur hidupnya.

“Oleh karena itu, kami hadir di sini untuk mengajak pada siswa sekalian sebagai generasi penerus agar tertib berlalu lintas dan mencegah pelanggaran yang dapat mengakibatkan kecelakaan,” ucapnya.

Disampaikan Kapolres, bahwa dari data di Kabupaten Purbalingga selama tahun 2019 terjadi 579 kasus kecelakaan dengan korban mencapai 1.370 orang. Dari jumlah tersebut, korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 76 orang. Dari data tersebut dapat kita maknai bahwa budaya disiplin berlalu lintas masih kurang. Dari data yang ada, banyak kecelakaan berawal dari pelanggaran.

“Saya yakin para siswa semuanya memiliki cita-cita, jangan sampai cita-cita tersebut pupus akibat tidak tertib berlalu lintas. Karena kecelakaan bisa berawal dari pelanggaran dan korban kecelakaan bisa mengalami luka bahkan sampai meninggal dunia,” ucapnya.

Kapolres berpesan kepada siswa agar membiasakan aktivitas diawali dengan doa, siswa harus fokus pada tugas utamanya yaitu belajar dan sebagai pelajar harus disiplin dalam berbagai hal. “Salah satunya disiplin dalam berlalu lintas dan menjadi agen perubahan serta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas baik di sekolah, di rumah dan dilingkungan masyarakat,” ucapnya.

Hadir dalam upacara Kepala SMA Negeri 1 Purbalingga, Kepala Dinas Perhubungan, Kasat Lantas Polres Purbalingga dan Kapolsek Purbalingga. Peserta upacara yaitu dewan guru dan seluruh siswa. Dalam upacara dilakukan pemasangan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) oleh Kapolres Purbalingga kepada perwakilan siswa.
(Humas Polres Purbalingga)