Bhabinkamtibmas Polsek Kalimanah Selesaikan Permasalahan Warga


Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purbalingga – Bhabinkamtibmas Polsek Kalimanah Polres Purbalingga Brigadir Risko Fajri menjadi mediator perselisihan warga Desa Kedungwuluh Kecamatan Kalimanah, Purbalingga. Bhabinkamtibmas memimpin mediasi di Polsek Kalimanah dengan menghadirkan dua belah pihak yang berselisih, Rabu (2/10/2019)malam.

Dari hasil mediasi yang dilakukan Bhabinkamtibmas, permasalahan warga akhirnya bisa diselesaikan. Kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan bersedia menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara kekeluargaan.

Kapolsek Kalimanah AKP Sulasman mengatakan perselisihan dua warga bermula karena adanya salah paham antara Dwiyanto (57) dengan Najib (60). Keduanya warga Desa Kedungwuluh Kecamatan Kalimanah, Purbalingga.

Salah paham dimulai dari tindakan yang dilakukan Dwiyanto yang mendatangi rumah Najib. Saat itu Dwiyanto telah kehilangan lima ekor burung dara dan menduga pelaku pelajar yang sebelumnya terlihat duduk duduk dibelakang rumah Dwiyanto sebelum burung daranya hilang.

Kedatangan Dwiyanto kerumah Najib selain mencari burung dara yang hilang juga menanyakan anaknya Najib yang juga pelajar SMP. Hal tersebut membuat Najib tersinggung karena seolah olah Dwiyanto menuduh anaknya yang mengambil burung dara, apalagi Dwiyanto sempat melihat-lihat kandang burung dara miliknya.

“Adanya permasalahan warga tersebut, kita libatkan Bhabinkamtibmas untuk menyelesaikan permasalahan. Bhabinkamtibmas kemudian menghadirkan masing-masing pihak di Polsek Kalimanah untuk dilakukan mediasi,” kata kapolsek.

Setelah kedua pihak dipertemukan, kemudian diberikan imbauan oleh Bhabinkamtibmas. Selanjutnya dilakukan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan. Dari hasil musyawarah kedua belah pihak sepakat menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan. Keduanya saling meminta maaf dan sepakat mengakhiri perselisihan. Hasil kesepakatan selanjutnya dituangkan dalam surat kesepakatan bersama.


“Langkah yang dilakukan Bhabinkamtibmas merupakan salah satu upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di desa binaanya. Permasalahan warga yang ada di desa, diharapkan bisa diselesaikan dengan baik,” kata kapolsek.


( Humas Polsek Kalimanah)