Anggota Polres Purbalingga Ikuti Donor Darah HUT TNI AU

Tribratanewspurbalingga – Sejumlah personel Polres Purbalingga mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Jenderal Besar Soedirman, Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Senin (15/7/2019) siang.

Anggota Polres Purbalingga bergabung dengan personel dari instansi lain termasuk Polsek Bukateja dalam donor darah. Para pendonor terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan tensi dan pengecekan lainnya sebelum ditetapkan bisa mengikuti donor darah.

Danlanud Jenderal Besar Soedirman Letkol Pnb Putu Sucahyadi, mengatakan, donor darah adalah agenda rutin dalam rangkaian HUT TNI ke-72 tahun 2019. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mengikuti donor darah.

“Kita ketahui bersama bahwa kebutuhan akan darah untuk masyarakat Purbalingga sangat banyak sedangkan ketersediaan di PMI terkadang kurang atau minim. Maka adanya donor darah ini bisa digunakan menambah stok darah yang berguna bagi kemanusiaan,” kata Putu.

Kapolsek Bukateja Polres Purbalingga AKP Agus Triyono, mengatakan bahwa dalam rangka peringatan HUT TNI AU, Lanud Jenderal Besar Soedirman mengadakan bakti sosial pelayanan donor darah. Karena berada di wilayah Polsek Bukateja kita lakukan pemantauan personel Polres Purbalingga yang melaksanakan donir darah.

“Mengikuti donor darah merupakan wujud kepedulian sosial kepolisian untuk kemanusiaan. Dengan donor darah yang dilakukan anggota selain bermanfaat menjaga kesehatan, juga berperan menambah stok darah di PMI. Sehingga bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang membutuhkan darah,” jelas kapolsek.

Dari pantauan, jumlah peserta donor darah gabungan dari beberapa instansi yang mendaftar sebanyak 100 orang. Namun dari jumlah tersebut hanya 64 orang yang bisa diambil.

Sebelumnya dilakukan pengecekan kesehatan, ada sebagian yang ditolak untuk donor karena tidak memenuhi persyaratan, seperti Hemoglobin (HB) yang  rendah, tekanan darah yang terlalu tinggi atau sebaliknya.

(Humas Polres Purbalingga)